Baby
Sri Muniarti Poernomo, S.S., M.A. adalah seorang dosen di Universitas Multimedia
Nusantara Tangerang (2015 – sekarang) dengan subjek mata kuliah komunikasi dan
Bahasa Inggris. Beliau memiliki latar belakang pendidikan sarjana di Departemen
Arkeologi Universitas Indonesia (1984-1990) dan meraih gelar Master of Arts
jurusan Komunikasi Pendidikan melalui program joint degree Roehampton
University (London), Fonty’s University of Applied Science (Tilburg – The
Netherlands), dan Univerzita Karlova (Praha-Republik Ceko) (2007-2009). Beliau
aktif mengikuti seminar internasional seperti Seminar Internasional tentang
Pendidikan Inklusif di Tilburg, Belanda (2008), Konferensi Internasional
tentang Menuju Pendidikan Inklusif Fakultas Pendidikan – Roehampton University
di London (2008), dan lainnya.
Selain
berkarir sebagai dosen, Baby S. M. Poernomo, S. S., M. A. juga berpengalaman
menjadi konsultan untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan Non-Formal (2009-2014), asisten untuk Atase Pendidikan dan
Kebudayaan Kedutaan Republik Indonesia di Praha, Republik Ceko (2009), serta
konsultan untuk Education for Youth Employment Project in partnership between
Directorate General of Non Formal Education, Ministry of National Educiation
(MoNE) and the World Bank (2003-2007). Beliau juga menerbitkan beberapa riset
serta publikasi di luar negeri dan dalam negeri. Risetnya di luar negeri
seperti How Teachers Actualize The Non-Verbal Communication with Students
with Behavioral Disorders, Center for Research and Development, Faculty of
Education, Karlova Universita v Praze, Praha, Czech Republic (2009), Longitudinal
Study on Character Building for Undereducated Youths, Education for Youth
Employment Project (EYE Project), Center for Research and Development,
Directorate General for Non Formal Education, Ministry of National Education in
collaboration with the World Bank Office Jakarta (2003-2007), dan lainnya.
Untuk publikasi di dalam negeri, beliau menerbitkan artikel berjudul “The Role
of Interpersonal Communication in helping ex-drug user students regain the
confidence to return to society: a phenomenological approach” dalam Asian
Journal of Social Sciences & Humanities Vol. 6(X) 2017, “The
Implementation of Inclusive Education in Indonesia: Current Problems and
Challenges” dalam American International Journal of Social Science, Vol.
5, No. 3; Juni 2016, “The Use of National Language in International Standard
Schools in Indonesia: A Phenomenological Approach” dalam Modern Journal of
Language Teaching Methods, Vol. 1 (1), 1-12, 2018, dan lainnya. Figur yang
mahir berbahasa Inggris, Belanda, dan dasar Bahas Prancis ini juga
berpengalaman sebagai pengajar dan pelatih untuk pelatihan di perusahaan dan
kementerian, pengajar Bahasa Indonesia untk ekspatriat (1995-2009), pembicara
dan moderator dalam acara-acara internasional, koordinator proyek untuk
acara-acara internasional, dan lainnya.