Loncat ke konten utama

Syarat dan Ketentuan Makara UI Academy

 

 

 

BAB 1

KETENTUAN UMUM

 

 Pasal 1 Tujuan

 Pasal 2 Definisi

 Pasal 3 Pemberlakuan Syarat dan Ketentuan

 Pasal 4 Kewajiban Pengguna

 Pasal 5 Kewajiban terkait ID dan Kata Sandi Pengguna

 Pasal 6 Pemberhentian Keanggotaan dan Pengurangan Kualifikasi

 Pasal 7 Kewajiban Perusahaan

 Pasal 8 Penyediaan dan Pengubahan Layanan

 Pasal 9 Penangguhan Layanan

 Pasal 10 Perlindungan Informasi Pribadi

 

 

BAB 2

LAYANAN E-COMMERCE

Pasal 11 Pengajuan Pembelian

Pasal 12 Metode Pembayaran

Pasal 13 Kupon Diskon

Pasal 14 Pemberlakuan Kontrak

Pasal 15 Pemberitahuan Tanda Terima, Perubahan, dan Pembatalan Pembelian

Pasal 16 Pengembalian Dana

Pasal 17 Pembatalan Pendaftaran, Pembelian, dan Lainnya

 

 

BAB 3

KETENTUAN LAINNYA

 

Pasal 18 Hak Cipta dan Pembatasan Penggunaan

Pasal 19 Posting Pengguna

Pasal 20 Laporan Pengaduan atau Kemungkinan Pelanggaran

Pasal 21 Hal-Hal di Luar Tanggung Jawab Perusahaan

Pasal 22 Penyelesaian Konflik

Pasal 23 Hukum Kepatuhan dan Yurisdiksi

Pasal 24 Pengesampingan, Keterpisahan, dan Pengalihan

Pasal 25 Perubahan Ketentuan Penggunaan

 


BAB 1

KETENTUAN UMUM

 

Pasal 1. Tujuan

Syarat dan Ketentuan ini bertujuan untuk menentukan hak, kewajiban, dan tanggung jawab "Perusahaan" dan "Pengguna" dalam mengakses dan menggunakan layanan daring (semua layanan yang dapat diakses, terlepas dari jenis perangkat kabel atau nirkabel, selanjutnya disebut “layanan”) yang disediakan oleh PT. Daya Makara UI (selanjutnya disebut "Perusahaan").

 

Pasal 2. Definisi

Istilah yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini didefinisikan sebagai berikut:

  1. 'Situs', berarti tempat bisnis virtual "Perusahaan" dapat memperdagangkan produk menggunakan fasilitas informasi dan komunikasi seperti komputer untuk menyediakan barang atau jasa (selanjutnya disebut sebagai "produk") kepada para penggunanya, termasuk layanan web dan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan dalam lingkungan seluler.
  2. 'Pengguna' mengacu pada setiap orang yang telah mendaftar di 'Situs' untuk menggunakan layanan yang disediakan "Perusahaan" sesuai dengan persyaratan melalui prosedur yang ditentukan di Situs tersebut.
  3. 'ID', berarti alamat e-mail dan/atau username yang ditetapkan oleh "Pengguna" dan telah disetujui oleh "Perusahaan" untuk identifikasi dalam penggunaan layanan, atau alamat e-mail yang dihubungkan melalui jejaring sosial.
  4. 'Autentikasi e-mail' mengacu pada konfirmasi kebenaran e-mail melalui tautan yang dikirimkan ke alamat e-mail "Pengguna" untuk penggunaan layanan.
  5. 'Kata sandi' atau ‘Password’ berarti kombinasi karakter, huruf, dan angka yang terdaftar di Situs yang ditetapkan oleh "Pengguna" untuk identifikasi identitas, hak, dan perlindungan kata sandi "Pengguna".
  6. 'Kupon' mengacu pada kupon diskon yang dapat memotong harga pembayaran berdasarkan jumlah atau persentase yang ditunjukkan saat membeli produk atau menggunakan layanan yang disediakan oleh Situs.
  7. Istilah Syarat dan Ketentuan yang tidak disebutkan dalam paragraf di atas didefinisikan sesuai dengan praktik transaksi umum.

 

Pasal 3. Pemberlakuan Syarat dan Ketentuan

  1. Syarat dan Ketentuan mencakup informasi yang diperlukan oleh “Perusahaan” dan "Pengguna" harus mengisi formulir pendaftaran sesuai yang ditentukan oleh "Perusahaan". Kontrak ini berlaku apabila "Pengguna" menyetujui syarat dan ketentuan saat mendaftarkan akun dan mengonfirmasi e-mail.
  2. "Perusahaan" harus menyetujui pengajuan keanggotaan dari "Pengguna" seperti yang ditunjukkan pada ayat 1. Jika “Perusahaan” menolak untuk menyetujui atau menahan permohonan keanggotaan, “Perusahaan” harus memberitahu "Pengguna". Pendaftaran "Pengguna" dapat ditolak oleh "Perusahaan", apabila:
    1. Jika "Pengguna" pernah kehilangan keanggotaan sesuai dengan Pasal 6 Ayat 2. Kecuali jika "Pengguna" telah memperoleh persetujuan untuk bergabung kembali dengan layanan "Perusahaan" tiga bulan setelah kehilangan keanggotaan.
    2. Jika terdapat kesalahan, entri yang hilang, atau kepalsuan dalam informasi yang didaftarkan "Pengguna";
    3. Apabila "Pengguna" terhambat teknologi ketika melakukan pendaftaran;
    4. Kondisi lain yang dianggap perlu oleh "Perusahaan" dengan pertimbangan yang wajar.
  1. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, "Pengguna" juga menyetujui Syarat dan Ketentuan tambahan, termasuk Syarat dan Ketentuan atas setiap layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini (selanjutnya, Syarat dan Ketentuan, Syarat dan Ketentuan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Syarat dan Ketentuan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Syarat dan Ketentuan.
  2. "Perusahaan" dapat memberlakukan pembatasan pada "Pengguna" berdasarkan penggunaan atau tingkatan, jika perlu, dengan mempertimbangkan kebijakan “Perusahaan” dan karakteristik produknya.
  3. "Perusahaan" dapat menilai tingkat "Pengguna" dan menetapkan layanan berdasarkan tingkat tersebut sesuai dengan kebijakan “Perusahaan”.
  4. Jika ada perubahan dalam hal-hal yang terdaftar pada saat keanggotaan, "Pengguna" harus memberi tahu “Perusahaan” tentang perubahan tersebut dengan mengubah informasi keanggotaan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Jika "Pengguna" mengajukan keanggotaan rangkap dengan alamat e-mail yang sama dan memiliki lebih dari satu (1) akun di Situs, “Perusahaan” akan menggabungkan semua akun dengan alamat e-mail yang sama ke dalam satu (1) akun.
  6. "Pengguna" harus berusia minimal 18 (delapan belas) tahun, atau telah menikah dan tidak di bawah perwalian atau pengampuan (“Usia Dewasa”), yang berarti "Pengguna" secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Perusahaan.
  7. Jika "Pengguna" tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Perusahaan berhak untuk menghentikan akses dan penggunaan "Pengguna" terhadap Situs Perusahaan.

 

Pasal 4. Kewajiban Pengguna

  1. Setiap "Pengguna" harus mematuhi hal-hal yang diberitahukan oleh “Perusahaan”, seperti undang-undang terkait, ketentuan Syarat dan Ketentuan ini, serta petunjuk penggunaan. “Pengguna” tidak boleh terlibat dalam tindakan lain yang merugikan "Perusahaan".
  2. "Pengguna" hanya diperbolehkan menggunakan Situs untuk tujuan-tujuan yang sah menurut hukum. “Pengguna” tidak diperbolehkan:
    1. Menggunakan Situs dengan cara apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    2. Mendaftarkan diri, menyediakan, atau mengubah data/dokumen dengan informasi palsu, salah, tidak akurat, menyesatkan, dan tidak lengkap;
    3. Mencuri informasi dari orang lain atau menyamar sebagai pengguna lain atau pihak lain mana pun;
    4. Pembuatan, perubahan, modifikasi, pengadaan, dan atau pengunggahan secara salah, tidak sah, tidak patut, menyesatkan dan tidak akurat pada informasi atau dokumen yang diunggah di Situs;
    5. Transmisi, pengalihan, dan publikasi informasi (program komputer, dll) atau dokumen selain yang ditentukan oleh “Perusahaan”;
    6. Dengan cara apa pun menggunakan Situs atau konten apa pun di dalamnya secara melawan hukum, menghina, mengancam, berbau asusila, rasis, menipu, melanggar hak pihak ketiga manapun, dan/atau melanggar norma kepatutan;
    7. Mereproduksi, menggandakan, membuat salinan, memodifikasi, mendistribusikan, dan/atau mengirimkan dokumen atau informasi apa pun yang disimpan dalam Situs tanpa hak, wewenang, dan kapasitas dari pemilik sah atau pihak yang memiliki kewenangan;
    8. Mengirim, secara sadar menerima, mengunggah, mengunduh, menggunakan, atau menggunakan kembali materi yang tidak sesuai dengan standar konten “Perusahaan”;
    9. Membuat tiruan dari Situs atau bagian dari Situs, atau secara sistematis mengunduh dan menyimpan konten apa pun yang terdapat dalam Situs;
    10. Secara tidak sah melakukan intersepsi atau penyadapan informasi, data, dan dokumen apa pun;
    11. Pelanggaran hak kekayaan intelektual, seperti hak cipta “Perusahaan” dan/atau pihak ketiga;
    12. Perbuatan yang merusak nama baik “Perusahaan” dan pihak ketiga atau menghambat pekerjaan;
    13. Mempublikasikan informasi yang bertentangan dengan tatanan sosial yang sehat di Situs, seperti mengirimkan pesan, video, dan rekaman cabul atau kekerasan;
    14. Menggunakan jasa untuk mendapatkan keuntungan tanpa persetujuan dari “Perusahaan”.
    15. Mengunggah virus, dokumen dan/atau data apa pun yang terinfeksi oleh virus, dan/atau malware yang dapat membahayakan atau mengganggu Situs;
    16. Mengganggu atau menghalangi pengoperasian Situs atau server atau jaringan yang terhubung ke Situs, termasuk memasang, mengirimkan, mentransmisikan, mengunggah, atau menyediakan materi apa pun yang berisi virus piranti lunak, worms atau kode komputer, file, atau program lain yang dirancang untuk mengganggu, menghancurkan atau membatasi kegunaan piranti lunak komputer atau perangkat keras atau peralatan telekomunikasi.

 

 Pasal 5. Kewajiban Terkait ID dan Kata Sandi

  1. "Pengguna" bertanggung jawab sepenuhnya atas pengelolaan ID dan kata sandi. Jika "Pengguna" lalai dalam mengelola hal ini, urusan perdata dan pidana akan ditanggung oleh "Pengguna".
  2. "Pengguna" tidak boleh mengizinkan pihak ketiga untuk menggunakan ID dan kata sandinya.
  3. "Pengguna" tidak boleh berperilaku curang dalam menggunakan layanan, seperti mengakses ID yang sama pada lebih dari satu PC atau IP, menjalankan program replikasi saat menggunakan layanan, atau merekam.
  4. "Pengguna" harus menggunakan perangkat ponsel, tablet, atau PC miliknya sendiri untuk dapat menikmati layanan. Jika "Pengguna" terdeteksi menggunakan perangkat seluler milik orang lain, "Perusahaan" berhak untuk membatasi penggunaan beberapa layanan atau menghapus riwayat penggunaan layanan. Khususnya, jika kemudian dikonfirmasi bahwa perangkat seluler milik orang lain telah dicuri, penggunaan layanan ke perangkat tersebut akan dibatasi, dan "Perusahaan" dapat membatalkan atau mengakhiri layanan tanpa pengembalian uang.
  5. “Pengguna" tidak boleh terlibat dalam tindakan penipuan sesuai dengan ayat 2 hingga 4.
  6. Jika "Pengguna" mengetahui bahwa ID dan kata sandinya dicuri atau digunakan oleh pihak ketiga, "Pengguna" harus segera mengubah kata sandi dan memberi tahu “Perusahaan”, serta harus mengikuti instruksi “Perusahaan”.
  7. Apabila "Pengguna" tidak segera mengubah kata sandi, tidak mengikuti instruksi “Perusahaan”, atau bahkan melakukan tindakan kecurangan sesuai ayat 2 hingga 5, seluruh tanggung jawab atas kerugian yang timbul ada pada "Pengguna".

 

Pasal 6. Pemberhentian Keanggotaan dan Pengurangan Kualifikasi

  1. "Pengguna" dapat mengundurkan diri dari layanan setiap saat, dan "Perusahaan" akan menangani pengunduran tersebut sesuai dengan peraturan.
  2. "Perusahaan" dapat membatalkan atau menangguhkan pemberhentian keanggotaan, apabila "Pengguna":
    1. Menggunakan informasi palsu atau mencuri informasi orang lain pada saat mendaftar, serta melakukan tindakan yang mengganggu kelancaran layanan yang disediakan oleh "Perusahaan";
    2. Mengganggu bisnis "Perusahaan" dengan membatalkan produk yang telah dibeli melalui Situs berulang kali tanpa alasan yang jelas;
    3. Membahayakan, merusak, atau merugikan transaksi e-commerce seperti mengganggu atau mencuri informasi pengguna lain dalam Situs;
    4. Menggunakan Situs untuk melakukan tindakan yang merusak ketenteraman tatanan sosial atau dilarang undang-undang atau Syarat dan Ketentuan ini;
    5. Melanggar Pasal 5 ayat 2 dan 3;
    6. Kondisi lain yang dianggap perlu oleh "Perusahaan" berdasarkan pertimbangan rasional sesuai sub-ayat a hingga f.
  1. "Perusahaan" dapat menghilangkan status keanggotaan "Pengguna" apabila "Pengguna" mengulang perbuatan yang menyebabkan status keanggotaannya dibatasi dan/atau ditangguhkan lebih dari dua kali atau "Pengguna" tidak memperbaiki tindakannya yang menyebabkan status keanggotaannya dibatasi dan/atau ditangguhkan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari.
  2. Apabila "Pengguna" kehilangan status keanggotaannya, maka data registrasi "Pengguna" akan dihapus dan "Perusahaan" harus memberitahukan penghapusan data tersebut kepada "Pengguna". “Pengguna” akan diberi kesempatan untuk memberi penjelasan dalam waktu 14 (empat belas) hari sebelum dihapusnya data registrasi "Pengguna".

 

Pasal 7. Kewajiban Perusahaan

  1. "Perusahaan" tidak boleh terlibat dalam tindakan yang dilarang oleh undang-undang dan Syarat dan Ketentuan ini atau bertentangan dengan tatanan sosial yang sehat, dan akan melakukan yang terbaik untuk memberikan layanan secara terus menerus dan stabil seperti yang ditentukan oleh Syarat dan Ketentuan ini.
  2. "Perusahaan" harus membangun sistem keamanan untuk perlindungan informasi pribadi "Pengguna" (termasuk informasi kartu kredit) sehingga "Pengguna" dapat menggunakan layanan dengan aman. "Perusahaan" juga harus mempublikasikan kebijakan pengamanan informasi pribadi dan mematuhinya.

 

Pasal 8. Penyediaan dan Pengubahan Layanan

  1. "Perusahaan" harus menyediakan layanan sebagai berikut:
    1. layanan e-commerce dan layanan tambahan untuk kursus online di Situs yang dioperasikan oleh “Perusahaan”;
    2. jasa atau produk lain yang telah disepakati oleh “Perusahaan”.
  1. Pengunaan Situs dengan segala risiko apa pun yang mungkin terjadi merupakan sepenuhnya tanggung jawab pribadi “Pengguna”. Isi dan konten dalam Situs ini tersedia atas dasar sebagaimana adanya dan sebagaimana tersedia tanpa ada jaminan apa pun termasuk dengan jaminan terkait untuk keperluan perdagangan, jual-beli, ataupun penggunaan khusus lainnya. Tidak terdapat jaminan bahwa akses terhadap Situs akan selalu bebas gangguan ataupun bebas dari kesalahan lainnya, dan terhadap apa pun hasil yang didapatkan.
  2. "Perusahaan" tidak menjamin bahwa Situs, maupun konten di dalamnya, akan selalu tersedia atau tanpa gangguan. Izin untuk mengakses Situs "Perusahaan" bersifat sementara. "Perusahaan" dapat menangguhkan, menarik, memberhentikan, maupun mengganti bagian mana pun dari Situs "Perusahaan" tanpa pemberitahuan sebelumnya. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas alasan apa pun yang membuat Situs "Perusahaan" tidak tersedia pada waktu atau periode tertentu.
  3. Apabila terdapat perubahan detail layanan atau perubahan spesifikasi terhadap layanan yang disediakan "Perusahaan" dan tertulis dalam kontrak, "Perusahaan" harus segera memberitahukan perubahan tersebut kepada "Pengguna".

 

Pasal 9. Penangguhan Layanan

  1. "Perusahaan" dapat menangguhkan penyediaan layanan apabila terjadi pemeliharaan, inspeksi, penggantian, kerusakan, kegagalan komunikasi, dan lain-lain terkait fasilitas komunikasi dan informasi seperti komputer dan sebagainya.
  2. Apabila "Perusahaan" menangguhkan penyediaan layanan sementara, "Perusahaan" harus memberitahukan "Pengguna" mengenai penangguhan penyediaan layanan tersebut dan alasannya di layar awal Situs.

 

Pasal 10. Perlindungan Informasi Pribadi

  1. "Perusahaan" harus melindungi informasi pribadi "Pengguna" sesuai ketentuan undang-undang terkait yang berlaku.
  2. "Perusahaan" harus memberitahu dan mendapatkan persetujuan dari "Pengguna" pada saat akan mengubah dan menggunakan informasi pribadi "Pengguna". "Perusahaan" harus melakukan usaha terbaiknya dalam melindungi informasi pribadi "Pengguna" sesuai dengan peraturan terkait penanganan informasi pribadi.
  3. "Perusahaan" tidak boleh menggunakan informasi pribadi "Pengguna" untuk keperluan lain selain untuk tujuan awal dimintanya informasi pribadi tersebut. Apabila informasi pribadi "Pengguna" digunakan untuk tujuan baru atau diberikan kepada pihak ketiga, "Perusahaan" harus memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dari "Pengguna" terkait tahap penggunaan serta penyediaan informasi tersebut. Pengecualian berlaku apabila undang-undang terkait menentukan lain.
  4. “Pengguna” dapat meminta pembacaan detail dan pengubahan kesalahan informasi pribadi yang dipegang oleh "Perusahaan", dan "Perusahaan" wajib mengambil tindakan terhadap hal tersebut tanpa penundaan.
  5. “Pengguna” dapat memohon untuk penghapusan data pribadi pada Situs atau menarik persetujuan untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan data pribadi “Pengguna” dengan memberikan pemberitahuan dengan cara menghubungi layanan pelanggan “Perusahaan” pada halaman kontak. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan data pribadi “Pengguna”, "Perusahaan" akan menginformasikan tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga “Pengguna” dapat memutuskan apakah tetap ingin menarik persetujuan atau tidak.
  6. Peraturan penanganan informasi pribadi "Perusahaan" tidak berlaku untuk Situs lain selain Situs "Perusahaan". Sehubungan dengan penanganan informasi pribadi pihak ketiga yang menyediakan Situs terkait, produk, dan lain-lain, "Pengguna" bertanggung jawab untuk memverifikasi peraturan tentang penanganan informasi pribadi Situs terkait dan pihak ketiga tersebut dan "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.

a. Apabila informasi pribadi "Pengguna" diperlukan untuk bukti pengungkapan informasi yang didasarkan pada undang-undang atau penyediaan informasi di bawah undang-undang.

 


 

Bab 2

LAYANAN E-COMMERCE

 

Pasal 11. Pengajuan Pembelian

  1. “Pengguna” harus mengajukan pembelian sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Apabila "Perusahaan" perlu menyediakan dan mempercayakan informasi pribadi pembeli kepada pihak ketiga, "Perusahaan" harus mendapatkan persetujuan pembeli pada saat pengajuan pembelian sebenarnya.

 

Pasal 12. Metode Pembayaran

  1. Metode pembayaran untuk pembelian produk dalam Situs dapat dilakukan melalui metode pembayaran berikut.
    1. Pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, dan beragam pembayaran dengan kartu lainnya
    2. Real-time account transfer
    3. Membuat deposit
    4. Pembayaran dengan uang elektronik (e-money)
  1. Informasi yang dimasukkan oleh "Pengguna" sehubungan dengan pembayaran harga pembelian dan tanggung jawab serta kerugian yang timbul terkait dengan informasi tersebut sepenuhnya ditanggung oleh "Pengguna".

 

Pasal 13. Kupon Diskon

  1. Kupon diskon adalah kupon yang dikeluarkan oleh "Perusahaan" dan dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan penggunaannya. Detail klasifikasi kupon diskon, jumlah diskon (tarif diskon dalam persen), cara menggunakan, tanggal kedaluwarsa, dan batasan penggunaan kupon harus ditampilkan pada kupon diskon atau layar layanan terkait.
  2. Kupon diskon tidak dapat diuangkan, dan kupon diskon akan kedaluwarsa sesuai tanggal yang tertera pada kupon atau pada saat kontrak penggunaan berakhir.
  3. Kupon diskon tidak bisa dialihkan kepada pihak lain kecuali hal tersebut ditentukan oleh "Perusahaan", kupon diskon tidak dapat digunakan untuk tujuan tidak benar atau penipuan, dan apabila ketentuan tersebut dilanggar, "Perusahaan" dapat mentidak-berlakukan kupon diskon atau menangguhkan keanggotaan.

 

Pasal 14. Pemberlakuan Kontrak

  1. "Perusahaan" dapat menolak pengajuan pembelian yang disebutkan dalam Pasal 11 pada situasi sebagai berikut.
    1. Apabila ada kesalahan, entri yang hilang, atau kesalahan dalam detail pengajuan;
    2. Apabila penerimaan pengajuan pembelian dianggap secara signifikan tedapat hambatan teknis "Perusahaan";
    3. Apabila "Pengguna" diidentifikasi sebagai "Pengguna" yang status keanggotaannya dibatasi, ditangguhkan, atau hilang pada saat mengajukan pembelian;
    4. Apabila "Pengguna" yang mengajukan pembelian mengganggu urutan transaksi Situs, seperti pembelian barang dan lain-lain secara berulang kali dengan tujuan untuk dijual kembali.
  1. Kontrak dianggap telah diberlakukan pada saat notifikasi penerimaan pengajuan pembelian oleh "Perusahaan" diterima oleh "Pengguna" seperti yang diatur dalam Pasal 15.
  2. Pernyataan maksud "Perusahaan" untuk menerima pengajuan pembelian harus mencakup informasi tentang konfirmasi pengajuan pembelian "Pengguna", bisa atau tidaknya produk dijual, dan lain-lain.
  3. Apabila "Perusahaan" mengetahui alasan penyebab kasus sebagaimana dimaksud pada ayat 1 setelah kontrak dibuat, maka "Perusahaan" dapat segera membatalkan kontrak. Apabila kontrak dibatalkan, pembayaran yang telah dilakukan oleh "Pengguna" harus dikembalikan oleh "Perusahaan".

 

Pasal 15. Pemberitahuan Tanda Terima, Perubahan, dan Pembatalan Pembelian

  1. "Perusahaan" akan memberikan pemberitahuan tanda terima untuk pembelian yang dilakukan oleh "Pengguna".
  2. “Pengguna” yang telah menerima pemberitahuan tanda terima bisa mengajukan perubahan atau pembatalan pembelian saat itu juga, dan "Perusahaan" harus menerima permintaan tersebut tanpa penundaan apabila "Pengguna" belum menggunakan produk.

 

Pasal 16. Pengembalian Dana

  1. Apabila produk yang sudah dibeli "Pengguna" tiba-tiba tidak bisa diakses, tidak tersedia, atau tidak bisa dikirim karena adanya kendala teknis, "Perusahaan" harus memberitahukan hal tersebut kepada "Pengguna" tanpa penundaan. "Perusahaan" akan mengembalikan dana untuk produk yang sudah dibayar oleh "Pengguna" maksimal tujuh (7) hari kerja setelah hal tersebut terjadi apabila diperlukan.
  2. Apabila Pasal 21 tentang Pembatalan Pendaftaran ditetapkan, "Perusahaan" harus menentukan jumlah pengembalian dana untuk setiap kondisi dan melakukan pengembalian dana maksimal tujuh (7) hari kerja setelah kondisi tersebut terjadi apabila diperlukan.

 

Pasal 17. Pembatalan Pendaftaran, Pembelian, dan Lainnya

  1. Apabila terdapat situasi terhambatnya penyediaan produk (materi pembelajaran, mentoring, dan lain-lain) karena situasi penyedia materi yang tidak dapat dihindari, "Perusahaan" harus memberitahukan hal tersebut dan penyebabnya kepada "Pengguna". "Perusahaan" juga akan melakukan pengembalian dana dalam jangka waktu tujuh (7) hari kerja setelah kondisi tersebut terjadi apabila diperlukan.
  2. “Pengguna” dapat atau tidak dapat membatalkan pendaftaran berdasarkan keadaan berikut.
    1. "Pengguna" tidak dapat membatalkan pembelian kursus retail apabila "Pengguna" telah, mengakses materi pembelajaran, mengunduh, membuat salinan, menggandakan, atau mendistribusikan video, data, atau informasi pembelajaran
    2. "Pengguna" dapat membatalkan pendaftaran program bundling sertifikasi nasional kapan saja selama masa pendaftaran masih berlangsung. Setelah masa pendaftaran berakhir, pembayaran dapat dibatalkan apabila "Pengguna" tidak mengakses materi pembelajaran kelas dalam waktu 24 (dua puluh empat) jam sejak dimulainya pembelajaran. Dalam kasus ini, "Perusahaan" harus mengembalikan dana 100% kepada "Pengguna" yang mengajukan permohonan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan Pasal 16. Jika terdapat biaya pengiriman uang, biaya tersebut akan dibebankan kepada "Pengguna". “Perusahaan” akan mengembalikan uang dengan dikurangi biaya tersebut (selanjutnya berlaku untuk semua pengembalian dana).
    3. "Pengguna" tidak dapat mengajukan pengembalian dana apabila "Pengguna" telah mengakses materi pembelajaran kelas atau menonton lebih dari dua (2) video pembelajaran dalam waktu 48 (empat puluh delapan) jam setelah membayar program bundling.
  1. Jika "Pengguna" ingin mengajukan pengembalian dana, "Pengguna" dapat menghubungi "Perusahaan" melalui pusat layanan pelanggan (Helpdesk) pada support@makaraui.freshdesk.com atau melalui WhatsApp  https://wa.me/message/DCHLYNIOJ6RRJ1. Pengembalian dana akan diproses sesuai peraturan yang telah disepakati dalam waktu tujuh (7) hari kerja. Namun, "Perusahaan" tidak bertanggung jawab jika pengembalian dana tertunda karena faktor eksternal di luar tanggung jawab "Perusahaan", seperti kesalahan sistem dari bank.

 


 

Bab 3

KETENTUAN LAINNYA

 

Pasal 18. Hak Cipta dan Pembatasan Penggunaan

  1. Semua produk yang dibuat oleh "Perusahaan" merupakan hak cipta dan hak intelektual properti milik "Perusahaan".
  2. Terkait penggunaan layanan, "Pengguna" hanya diberikan hak untuk menggunakan akun, konten, dan lain-lain berdasarkan Syarat dan Ketentuan "Perusahaan". “Pengguna” dilarang keras menggunakan, menduplikat, menyebarluaskan, menerbitkan, mendistribusikan, dan menyiarkan informasi yang merupakan hak intelektual properti "Perusahaan" untuk tujuan komersil tanpa persetujuan dari "Perusahaan".
  3. “Pengguna” tidak boleh mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apa pun yang telah "Pengguna" cetak atau unduh dengan cara apa pun, dan "Pengguna" tidak boleh menggunakan ilustrasi, foto-foto, potongan video atau audio, maupun grafis lain secara terpisah dari teks pendampingnya.
  4. Jika "Pengguna" mencetak, menyalin, atau mengunduh bagian mana pun dari Situs "Perusahaan" yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini, hak "Pengguna" untuk menggunakan Situs "Perusahaan" akan segera diberhentikan dan "Pengguna" harus, berdasarkan keputusan "Perusahaan", mengembalikan atau memusnahkan salinan dari materi yang telah "Pengguna" buat.
  5. Apabila "Pengguna" terbukti memperoleh poin, kupon diskon, dan sebagainya secara ilegal, "Perusahaan" akan mengambil tindakan dengan mengambil kembali poin dan kupon diskon tersebut, menangguhkan pendaftaran, dan menuntut "Pengguna" dengan tuntutan pidana.
  6. "Perusahaan" berhak untuk melakukan investigasi maupun menuntut bentuk pelanggaran apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan di atas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. "Perusahaan" dapat melibatkan dan bekerja sama dengan pihak yang berwenang dalam menuntut “Pengguna” yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini. “Pengguna” mengakui bahwa "Perusahaan" tidak diwajibkan untuk mengawasi akses “Pengguna” terhadap Situs "Perusahaan", tapi "Perusahaan" berhak untuk melakukannya dengan tujuan mengoperasikan Situs "Perusahaan", memastikan kepatuhan “Pengguna” dengan Syarat dan Ketentuan ini, atau untuk menaati hukum yang berlaku atau keputusan pengadilan, lembaga administratif, maupun badan pemerintahan lainnya.

 

Pasal 19. Posting Pengguna

  1. Hak atas data yang dipublikasikan oleh "Pengguna" dalam layanan adalah sebagai berikut.
    1. Posting "Pengguna" merupakan hak dan tanggung jawab dari "Pengguna", dan "Perusahaan" hanya akan mempublikasikan posting tersebut dalam layanan dan menggunakan posting tersebut untuk tujuan komersil tanpa persetujuan pembuat posting. Namun, dalam kasus non-komersil, "Perusahaan" memiliki hak untuk mempublikasikan posting tersebut dalam layanan.
    2. Data yang terdapat di layanan, seperti data pemrosesan, informasi transaksi, dan lainnya tidak boleh digunakan oleh "Pengguna" untuk tujuan komersial.
  1. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas posting "Pengguna" dan konten yang dikirim "Pengguna" melalui layanan Situs dan dapat menghapus posting tersebut setelah memberitahukan "Pengguna". Namun, "Perusahaan" dapat menghapus posting "Pengguna" tanpa pemberitahuan apabila diperlukan karena adanya situasi darurat.
    1. Dalam kasus fitnah, pelanggaran privasi, atau merusak reputasi orang lain;
    2. Dalam kasus yang menyebabkan gangguan atau kekhawatiran terhadap keamanan pengoperasian layanan;
    3. Dalam kasus yang dianggap terkait dengan tindakan kriminal;
    4. Dalam kasus yang melanggar hak kekayaan intelektual “Perusahaan”, hak kekayaan intelektual orang lain, dan lain-lain;
    5. Dalam kasus yang dianggap melanggar undang-undang lain yang relevan.

 

Pasal 20. Laporan Pengaduan atau Kemungkinan Pelanggaran

  1. Jika “Pengguna” memiliki pengaduan terhadap servis yang diberikan oleh "Perusahaan", mohon dapat disampaikan kepada "Perusahaan" dengan cara menghubungi layanan pelanggan (Helpdesk) "Perusahaan" pada support@makaraui.freshdesk.com atau melalui WhatsApp  https://wa.me/message/DCHLYNIOJ6RRJ1.
  2. Jika “Pengguna” menemukan konten apa pun pada Situs yang “Pengguna” yakini melanggar hak kekayaan intelektual apa pun, merusak nama baik, bersifat pornografis atau tidak senonoh, rasis, atau dengan cara-cara lain menyebabkan pelanggaran secara luas, atau yang merupakan peniruan identitas, penyalahgunaan, spam, atau sebaliknya menyalahi Syarat dan Ketentuan ini maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku, mohon dapat dilaporkan kepada "Perusahaan" dengan cara menghubungi layanan pelanggan (Helpdesk) "Perusahaan" pada support@makaraui.freshdesk.com atau melalui WhatsApp  https://wa.me/message/DCHLYNIOJ6RRJ1
  3. Terhadap laporan pastikan bahwa “Pengguna” menyertakan, dalam laporan tersebut (“Laporan”), informasi sebagai berikut:

a.       Pernyataan bahwa “Pengguna” telah mengidentifikasi konten yang melanggar atau menyalahi Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi Situs “Perusahaan” maupun peraturan yang berlaku lainnya;

b.      Deskripsi dari pelanggaran atau konten ilegal serta link konten tersebut berada;

c.       Bukti dari konten yang melanggar atau bersifat ilegal;

d.      Nama lengkap, alamat dan nomor telepon “Pengguna”, alamat surat elektronik “Pengguna” yang dapat dihubungi, serta ID (username) Akun “Pengguna” jika memilikinya.

  1. Dengan membuat Laporan, “Pengguna” akan dianggap telah menyertakan, dalam Laporan tersebut:

a.       pernyataan bahwa “Pengguna” dengan niatan baik percaya bahwa penggunaan materi yang disengketakan tersebut tidak diizinkan oleh pemilik hak cipta, agennya, maupun hukum;

b.      pernyatan bahwa informasi dalam Laporan tersebut adalah akurat; dan

c.       pada kasus “Pengguna” melaporkan konten yang diyakini melanggar hak cipta atau hak-hak terkait lainnya, pernyataan bahwa “Pengguna” berwenang untuk bertindak atas nama pemilik hak cipta atau hak-hak lain yang diduga telah dilanggar.

 

Pasal 21. Hal-Hal di Luar Tanggung Jawab Perusahaan

  1. Apabila "Perusahaan" tidak dapat memberikan layanan dan lain-lain karena bencana alam atau keadaan kahar (force majeure) yang setara, "Perusahaan" dibebaskan dari tanggung jawab penyediaan layanan tersebut.
  2. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas segala gangguan termasuk tapi tidak terbatas pada ketidakmampuan “Pengguna” untuk menggunakan layanan jasa atau Situs "Perusahaan" atau gangguan lain yang disebabkan oleh "Pengguna" pada saat penggunaan layanan.
  3. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas kegagalan "Pengguna" dalam memperoleh kualifikasi atau keuntungan lain yang diharapkan oleh "Pengguna"  pada saat penggunaan layanan.
  4. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas informasi, data, kredibilitas, akurasi, dan lain-lain dari informasi yang dipublikasikan oleh "Pengguna".
  5. "Perusahaan" tidak bertanggung jawab atas layanan yang tersedia secara gratis, kecuali terdapat dalam ketentuan khusus.

 

Pasal 22. Penyelesaian Konflik

  1. Di antara keluhan yang diajukan oleh "Pengguna", "Perusahaan" tidak akan memberikan kompensasi atas keluhan yang tidak termasuk dalam layanan yang diberikan "Perusahaan" seperti kecepatan akses internet.

 

Pasal 23. Hukum Kepatuhan dan Yurisdiksi

  1. Interpretasi syarat dan ketentuan yang tertera atau perselisihan antara "Perusahaan" dan "Pengguna" diatur menurut hukum Indonesia.
  2. Tuntutan hukum tentang perselisihan antara "Perusahaan" dan "Pengguna" terkait syarat dan ketentuan serta penggunaan layanan akan diselesaikan di bawah yurisdiksi pengadilan yang bertanggung jawab atas lokasi kantor pusat "Perusahaan".

 

Pasal 24. Pengesampingan, Keterpisahan, dan Pengalihan

  1. Kegagalan "Perusahaan" untuk melaksanakan ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini bukan merupakan pengesampingan atas hak "Perusahaan" untuk melaksanakan ketentuan tersebut di kemudian hari. Jika ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang terbukti tidak dapat diberlakukan, maka ketentuan-ketentuan lain dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku penuh dan dapat diberlakukan, dan ketentuan atau ketentuan-ketentuan yang tidak dapat diberlakukan tersebut akan diganti untuk mencerminkan maksud "Perusahaan" sedekat mungkin. “Pengguna” tidak dapat mengalihkan hak berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, dan segala upaya untuk melakukan hal tersebut akan batal.

 

Pasal 25. Perubahan Ketentuan Penggunaan

  1. "Perusahaan" berhak untuk mengubah, memodifikasi, menambahkan atau mengamandemen Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu dan setiap perubahan akan ditampilkan pada halaman ini. "Perusahaan" akan memberitahukan kepada “Pengguna” mengenai setiap perubahan atau modifikasi yang dibuat melalui surat elektronik atau notifikasi aplikasi atau media lainnya. Dengan tetap menggunakan Situs "Perusahaan" setelah tanggal perubahan, modifikasi, penambahan atau amandemen terhadap Syarat dan Ketentuan, maka hal tersebut merupakan penerimaan dan persetujuan “Pengguna” terhadap perubahan, modifikasi, penambahan dan/atau amandemen tersebut. Ketika perubahan, modifikasi, penambahan dan/atau amandemen tersebut dilakukan, "Perusahaan" akan mengubah tanggal pada bagian “Terakhir diubah” di atas dan memasang Syarat dan Ketentuan yang baru.

 

 

Syarat dan ketentuan ini berlaku mulai tanggal 17 Agustus 2021.


Terakhir diperbaharui: Monday, 30 August 2021, 15:00